SMK PUSDIKHUBAD CIMAHI

KOMP. MICROWAVE NO. 1 KALIDAM KOTA CIMAHI

PELAKSANAAN KEGIATAN MPLS DI SMK PUSDIKHUBAD KOTA CIMAHI TAHUN AJARAN 2018-2019

Sabtu, 21 Juli 2018 ~ Oleh SMK PUSDIKHUBAD CIMAHI ~ Dilihat 35 Kali

Sejumlah panitia Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang terdiri dari osis, guru dan sejumlah mahasiswa  KKNM  IKIP Siliwangi secara bersama-sama menyiapkan peserta MPLS untuk melaksanakan upacara pembukaan MPLS yang digelar pada hari Senin (16/7/2018).

Masa pengenalan lingkungan  sekolah (MPLS) merupakan kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran baru guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Pada ajaran tahun baru 2018-2019 ini, tercatat sebanyak 260 siswa baru yang mendaftar ke SMK PUSDIKHUBAD Cimahi. Jumlah ini meningkat beberapa persen dari tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan MPLS ini baru berjalan selama 3 tahun di SMK PUSDIKHUBAD Cimahi karena sebelumnya kegiatan MPLS ini sempat beberapa kali berganti nama  sebelum akhirnya ditetapkan secara resmi oleh Kemendikbud dan dibuat menjadi kegiatan wajib setiap tahun.  MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. Selain itu MPLS juga dijadikan sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah, baik itu perkenalan siswa baru, kakak kelas, pendidik, hingga tenaga pendidik. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Terdapat 20 siswa pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan 30 mahasiswa KKNM IKIP Siliwangi yang ikut serta membantu kegiatan MPLS. Kegiatan MPLS yang dilaksanakan selama tiga hati, terhitung mulai tanggal 16 Juli sampai dengan tanggal 18 Juli 2018 berlangsung lancar. Para siswa terlihat mengikuti kegiatan dengan khidmat dan tertib. Kegiatan MPLS ini diisi dengan berbagai kegiatan positif yang disusun secara matang oleh seluruh panitia. Kegiatan yang dilakukan seperti PBB (Peraturan Baris Berbaris) yang dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Sekolah yaitu, Bapak Kalpen M. Sahiudaleng, SE.M.M bersama prajurit TNI yang menjadi bagian dari SMK PUSDIKHUBAD Cimahi. “PBB bukan sekedar baris berbaris, tapi juga tentang  bagaimana cara duduk dengan baik dan rapi ketika dalam kelas”,  ujar Beliau ketika memberikan materi, pada hari Senin (16/7/2018). Ini membuktikan bahwa kegitan ini juga membantu siswa untuk meningkatkan kedisiplinan.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) sekaligus penanggung jawab kegiatan MPLS, Ibu Bimarita S.Pd., mengatakan bahwa tidak ada pembebanan pada siswa, selain karena dari pihak Kemendikbud tidak memperbolehkan, pihak sekolah juga tidak akan membuat siswa kesulitan dengan meminta mereka membawa macam-macam barang. Pihak sekolah akan mengikuti aturan seperti yang telah ditetapkan.

Setelah diadakannya kegiatan PBB, para peserta didik baru pun diberikan penyuluhan mengenai narkoba oleh pihak BNN Kota Cimahi yang diundang langsung untuk datang ke sekolah. Dalam kegiatan penyuluhan narkoba tersebut peserta didik diberikan pengetahuan mengenai bahaya menggunakan narkoba bagi kesehatan dan lingkungan sekitar yang dapat menimbulkan dampak negatif  bagi orang banyak.

Selain mendapatkan beberapa pembekalan materi, kegiatan ini juga diharapan dapat membantu membentuk karakter individu yang terintegrasi sejalan dengan visi misi sekolah. Dengan diadakannya latihan duduk sikap sempurna di dalam kelas salah satunya. Sikap disiplin diri, melatih kepekaan agama dan sosial. 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Kalpen M. Sahiundaleng, SE.M.M

Para pengunjung situs yang berbahagia, kami ucapkan selamat datang di situs SMK PUSDIKHUBAD CIMAHI ini. Bahwasanya kami sadar sepenuhnya dalam…

Selengkapnya