SMK PUSDIKHUBAD CIMAHI

KOMP. MICROWAVE NO. 1 KALIDAM KOTA CIMAHI

SEKOLAH BERBASIS LINGKUNGAN, UPAYA MERUBAH PERILAKU DAN SIKAP

Sabtu, 21 Juli 2018 ~ Oleh SMK PUSDIKHUBAD CIMAHI ~ Dilihat 43 Kali

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang lebih dikenal dengan MPLS adalah salah satu kegiatan yang umum dilaksanakan dengan tujuan menyambut para peserta didik baru dan mengenalkan lingkungan serta program sekolah yang bersangkutan.

SMK PUSDIKHUBAD CIMAHI adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang berdiri dibawah naungan Yayasan Kartika Pusdikhub, yang juga turut melaksanakan kegiatan MPLS yang dilaksanakan pada tanggal 16 sampai dengan tanggal 18 Juli 2018.

Kegiatan MPLS tersebut diisi oleh berbagai kegiatan yang diantaranya adalah, kegiatan pelatihan baris-berbaris, kegiatan pengenalan lingkungan dan jurusan sekolah, serta pembekalan materi yang salah satunya berkaitan dengan Sekolah Berbasis Lingkungan (SBL) yang disampaikan oleh Ibu Siti Roidah, S.S.

Berdasarkan penjelasan Ibu Siti, sekolah berbasis lingkungan, atau bisa disebut sekolah adiwiyata, adalah sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Sekolah berbasis lingkungan adalah sebuah program yang mengajak peserta didik untuk lebih peduli dan memperhatikan lingkungan sekolah. Beberapa bentuk realisasi program berbasis lingkungan yang dilaksanakan di SMK PUSDIKHUBAD CIMAHI antara lain yaitu kompos dan bank sampah.

Kompos adalah kegiatan dimana peserta didik diajarkan dan diberi arahan tentang bagaimana membuat pupuk kompos dari bahan organik. Tidak hanya itu, peserta didik juga diberikan wawasan tentang cairan EM4, atau cairan mikrobakteri yang mempercepat proses pembusukan tumbuhan.

Sedangkan bank sampah adalah suatu tempat yang di gunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah di pilah. Kegiatan ini memberikan wawasan pada peserta didik untuk belajar membedakan dan memilih sampah organik dan non organik, serta mengajarkan mereka untuk mendaur ulang sampah non organik. Tujuan dari kegiatan bank sampah adalah untuk membantu pengolahan sampah di Indonesia.

Ibu Siti juga menambahkan bahwa sekolah berbasis lingkungan adalah upaya merubah perilaku dan sikap. Pendidikan lingkungan hidup harus dapat mendorong kesadaran, sikap, pengetahuan, keterampilan, dan pastisipasi peserta didik terhadap lingkungan. Maka dari itu, SMK PUSDIKHUBAD CIMAHI menerapkan program kompos dan bank sampah sebagai salah satu cara memberikan pelatihan pada peserta didik agar lebih mampu bersikap bijak dalam mengelola lingkungan.

Terakhir, Ibu Siti menjelaskan bahwa SMK PUSDIKHUBAD CIMAHI selama dua tahun berturut-turut mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Pemerintah Kota Cimahi. Hal itu menunjukkan bahwa SMK PUSDIKHUBAD CIMAHI sudah sukses menerapkan program Sekolah Berbasis Lingkungan di Kota Cimahi.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Kalpen M. Sahiundaleng, SE.M.M

Para pengunjung situs yang berbahagia, kami ucapkan selamat datang di situs SMK PUSDIKHUBAD CIMAHI ini. Bahwasanya kami sadar sepenuhnya dalam…

Selengkapnya